Langsung ke konten utama

Ikhlas dan Menghadirkan Niat Dalam Semua Perbuatan dan Ucapan; Baik yang Terang-terangan Maupun yang Sembunyi-sembunyi

disalin dari Syarah Riaydush Shalihin Jilid I, yang ditulis oleh Syaikh Salim bin Ied al-Hilali


قَالَ اللَّه تعالى (البينة 5): {وما أمروا إلا ليعبدوا اللَّه مخلصين له الدين حنفاء ويقيموا الصلاة ويؤتوا الزكاة وذلك دين القيمة}.

Allah Ta'ala Berfirman

Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama dengan lurus, dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat; dan yang demikian itulah agama yang lurus. (Al-Bayyinah:5


Allah Subhanahu wa Ta'ala memberitahukan bahwa Dia telah memerintahkan hamba-hamba-Nya untuk senantiasa mengesakan-Nya, meninggalkan agama-agama yang sesat menuju agama islam, karena islam merupakan agama yang lurus, yang penuh kemudahan dan toleransi, atau agama umat yang lurus lagi benar.

Inilah yang membedakan umat islam dari orang-orang kafir dari sisi 'aqidah dan perilaku. Sebab, yang demikian itu merupakan bagian dari diutusnya Nabi Shalallahu 'alaihi wa salam.

وقَالَ تعالى (الحج 37): {لن ينال اللَّه لحومها ولا دماؤها ولكن يناله التقوى مِنْكم}.

juga Firman Allah Ta'ala:
Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridaan) Allah, tetapi ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya. Demikianlah Allah telah menundukkannya untuk kamu supaya kamu mengagungkan Allah terhadap hidayah-Nya kepada kamu. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang berbuat baik.(Al-Hajj:37)


Allah Subhanahu wa Ta'ala memberitahukan bahwa Dia telah mensyariatkan kepada kalian untuk menyembelih binatang kurban, agar kalian mengingat-Nya pada saat menyembelihya. Sesungguhnya Dia Mahapemberi rizki, Yang mempunyai Kekuatan lagi Sangat Kokoh, daging dan darah hewan kurban itu sama sekali tidak dapat mencapai-Nya. Sebab Dia adalah Rabb yang memberi makan dan tidak diberi makan, Dia Mahakaya atas segala sesuatu selain diri-Nya.

Dulu, kaum Jahiliyyah jika menyembelih hewan dimaksudkan untuk dipersembahkan bagi berhala-berhala mereka, dengan meletakan daging-daging hewan kurban itu di atasnya, dan menyiramkan darahnya ke berhala-berhala tersebut. Lalu para Sahabat Rasulullah berkata:"Kita lebih patut untuk menyiramkannya." Lalu Allah menurunkan ayat ini, seraya menjelaskan bahwa Dia akan menerima (kurban) dari orang yang bertakwa yang menghendaki keridhaan-Nya semata. Di sini terdapat peringatan akan ditolaknya amal perbutan jika tidak disertai niat yang tulus.

وقَالَ تعالى (آل عمران 29): {قل إن تخفوا ما في صدوركم أو تبدوه يعلمه اللَّه}.

Allah Ta'ala berfirman

Katakanlah: "Jika kamu menyembunyikan apa yang ada dalam hatimu atau kamu melahirkannya, pasti Allah mengetahui." Allah mengetahui apa-apa yang ada di langit dan apa-apa yang ada di bumi. Dan Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu (QS.Ali 'Im ran:29)


Allah yang Mahasuci lagi Mahatinggi memberitahukan kepada hamba-hamba-Nya bahwa Dia mengetahui segala yang tersembunyi dan yang nampak, dan tidak ada sesuatu yang tersembunyi dari-Nya, bahkan ilmu-Nya meliputi yang ada di langit, di bumi, dan apa yang ada diantara keduanya. Tidak ada hal sekecil apa pun di belahan bumi ini, baik di lautan, daratan, maupun pegunungan, yang terlepas dari pengawasan-Nya.

Yang demikian itu merupakan peringatan dari Allah Subhanahu wa Ta'ala bagi hamba-hamba-Nya agar takut dan tidak melanggar apa yang dilarang dan dimurkai-Nya. Sebab, Dia mengetahui segala urusan mereka, dan Dia Mahakuasa untuk membalas dan menimpakan siksa kepada mereka. Andaipun, Dia menunda siksaan bagi mereka, sesungguhnya Dia hanya menangguhkan saja, tidak melalaikannya. Selanjutnya, Dia akan menimpakan dengan siksaan dari yang Mahaperkasa dan Mahaluas.

Jika seorang hamba memperhatikan semua peringatan tersebut dan melakukan amalan shalih, maka ia benar-benar seorang yang tulus lagi berada dalam kebenaran.

Hadits No 1

وعَنْ أمير المؤمنين أبي حفص عمر بن الخطاب بن نفيل بن عبد العزى بن رياح بن عبداللَّه بن قرط بن رزاح بن عدي بن كعب بن لؤي بن غالب القرشي العدوي رَضيَ اللَّه عَنْهُ قَالَ سمعت رسول اللَّه صلى اللَّه عليه وسلم يقول: إنما الأعمال بالنيات، وإنما لكل امرئ ما نوى. فمَنْ كانت هجرته إِلَى اللَّه ورسوله فهجرته إِلَى اللَّه ورسوله، ومن كانت هجرته لدنيا يصيبها أو امرأة ينكحها فهجرته إِلَى ما هاجر إليه متفق عَلَى صحته. رواه إماما المحدثين: أبو عبد اللَّه محمد بن إسماعيل بن إبراهيم بن المغيرة بن بردزبه الجعفي البخاري، وأبو الحسين مسلم بن الحجاج بن مسلم القشيري النيسابوري رَضيَ اللَّه عَنْهما في كتابيهما اللذين هما أصح الكتب المصنفة.

1. Dari Amirul Mukminin Abu Hafsh 'Umar bin Khaththab bin Nufail bin Abdil 'Uzza bin Riyah bin 'Abdillah bin Qurth bin Razah bin 'Adiy bin Ka'ab bin Lu-ay bin Ghalib al-Quraisyyi al-'Adawi -semoga Allah meridhainya-, ia berkata, aku pernah mendengar Rasulullah Shalallahu 'alaihi wa salam bersabda: "Amal perbuatan itu tergantung pada niatnya, dan seorang akan memperoleh balasan sesuai dengan apa yang diniatkannya. Barangsiapa yang hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya itu kepada Allah dan Rasul-Nya. Dan barangsiapa hijrahnya untuk kesenangan dunia yang didapatnya, atau karena wanita yang akan dinikahinya, maka hijrahnya itu hanya kepada apa yang diniatkannya. (muttafaq'alaih).
(Diriwayatkan oleh dua Imam ahli hadits: Abu 'Abdillah bin Muhammad bin Isma'il bin Ibrahim bin al-Mughirah bin Bardizbah al-Ju'fi al-Bukhari dan Abul Husain Muslim bin al-Hajjaj bin Muslim al-Qusyairiy an-Naisaburi -semoga Allah meridhai mereka semua- , dalam kedua kitab shahihnya, yang keduanya merupakan kitab yang paling shahih di antara kitab-kitab lainnya.

Pengesahan hadits:
diriwayatkan oleh al-Bukhari (I/9 -Fath) dan Muslim (1907).
Telah dinukil secara mutawatir (perkataan) dari para Imam dalam menghormati nilai hadits ini. Tidak ada dalam hadits Nabi Shalallahu'alaihi wa salam yang lebih mencakup serta bermanfaat dari hadits ini. Sebab, hadits tersebut merupakan salah satu hadits yang menjadi poros islam.

Kandungan Hadits:
  • Niat merupakan suatu keharusan dalam suatu perbuatan, baik itu yang ditujukan pada wujud perbuatan itu sendiri, seperti shalat misalnya, maupun sesuatu yang menjadi sarana bagi perbuatan lainnya, misalnya thaharah (bersuci). Yang demikian itu, karena ikhlas tidak tergambar wujudnya tanpa adanya niat. Dalam hal tersebut, saya tidak mendapatkan perbedaan pendapat dikalangan para ulama kecuali dalam hal sarana. Adapun mengenai maksud dan tujuan, mereka satu kata (sepakat). Perbedaan juga terjadi pada penyertaan niat pada awal perbuatan.
  • Niat itu tempatnya di dalam hati dan tidak perli dilafazkan dengan lisan. Yang demikian itu telah menjadi kesepakatan para ulama, dalam semua ibadah, thaharah, shalat, zakat, puasa, haji, pemerdekaan budak, jihad, dan ibadah-ibadah lainnya. sedangkan melafazhkan niat dengan lisan merupakan bid'ah yang menyesatkan. Dan sungguh telah keliru orang yang beranggapan bahwa melafazhkan niat diperbolehkan untuk ibadah haji, sedangkan ibadah yang lainnya tidak diperbolehkan. Kekeliruan ini disebabkan karena dia tidak dapat membedakan antara talbiyah dan niat. Mengenai hukum niat ini, Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah telah menjelaskannya secara panjang lebar dalam sebuah risalah tersendiri.
  • Amal-amal shalih harus disertai dengan niat-niat yang baik. Niat yang baik tidak akan mengubah kemunkaran menjadi kebaikan, dan bid'ah menjadi Sunnah. Banyak orang yang mengharapkan kebaikan tetapi tiada pernah menggapainya.
  • Ikhlas karena Allah merupakan salah satu syarat diterimanya amal perbuatan. Sebab, Allah Subhanahu wa Ta'ala tidak akan menerima amal perbuatan kecuali yang paling tulus dan benar. Yang paling tulus adalah amal yang dilakukan karena Allah, dan yang paling benar adalah yang sesuai dengan Sunnah Rasulullah Shalallahu'alaihi wa salam yang shahih.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

 Memulai Google Colaboratory Python banyak digunakan dalam machine learning karena didukung dengan banyak library yang memudahkan melakukan berbagai task dalam machine learning. Aplikasi yang biasanya digunakan dalam pemrograman Python adalah Jupyter Notebook https://jupyter.org/ . Aplikasi tersebut memungkinkan kita melakukan pemrograman secara interaktif, setiap baris code yang kita buat bisa dijalankan secara beurutan sehingga memudahkan mengetahui langkah mana yang masih terdapat masalah/ error. Jupyter notebook dapat diinstall dan dijalankan pada notebook atau PC yang memenuhi spesifikasi minimal.  Selain Jupyter notebook terdapat juga aplikasi serupa yang disediakan oleh Google secara online, yaitu Google Colaboratory. Selain menyediakan fitur live code, Google Colab juga memungkinkan kita untuk berbagi pekerjaan (notebook) dengan teman atau anggota tim lainnya. Pada kesempatan ini saya ingin berbagi mengenai bagaimana langkah untuk mulai menggunakan Google Col...

Mengakses Microsoft SQL Server 2000 dengan PHP (Bagian I)

A. Pengenalan a. Microsoft SQL Server 2000 Berdasarkan penjelasan yang ditemukan pada Wikipedia, Microsoft SQL Server adalah sebuah sistem manajemen basis data relasional (RDBMS) yang dikembangkan oleh Microsoft, bahasa query utamanya adalah Transact-SQL yang merupakan implementasi dari SQL standar ANSI/ISO yang digunakan oleh Microsoft dan Sybase. Pada umumnya SQL server digunakan oleh perusahaan yang memiliki basis data dalam skala kecil dan menengah, namun kemudian penggunaan SQL server berkembang sehingga digunakan oleh perusahaan yang memiliki basis data dalam skala besar. Microsoft SQL server dapat melakukan komunikasi data melalui jaringan dengan menggunakan protokol TDS (Tabular Data Stream), selain itu Microsoft SQL server juga mendukung penggunaan ODBC (Open Database Connectivity), dan juga memiliki driver JDBC untuk bahasa pemrograman java. Fitur lain dari SQL server ini adalah kemampuannya untuk membuat basis data mirroring dan clustering b. PHP Berdasarkan informasi dari W...

Mengakses Microsoft SQL Server 2000 dengan PHP (Bagian II)

......... PHP&MS SQL : Menampilkan Hasil Query ............ D. Membuat Koneksi ke MS SQL Server 2000 dengan PHP Bagian ini akan membahas mengenai penulisan script untuk mendapatkan acces ke MS SQL server dengan metode ODBC. Fungsi yang digunakan untuk mengakses MS SQL server dengan metode tersebut adalah odbc_connect(dsn, nama user, password) , script ini memerintahkan untuk melakukan koneksi terhadap sumber data yang telah kita buat DSN systemnya (nama sumber data yang dapat diakses oleh siapa saja yang memiliki akses terhadap mesin), dengan user name dan password yang telah disimpan dalam database MS SQL Server, mengenai DSN dan bagaimana membuat System DSN telah dibahas dengan cukup panjang pada bagian sebelumnya, sedangkan mengenai cara membuat user name dan password pada MS SQL server 2000 akan dijelaskan secara ringkas pada bagian ini, langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut: 1. Masuk ke dalam aplikasi Enterprise Manager dari MS SQL Server 2000; ...